Jenis dan Fungsi Besi Hollow

jual besi hollow bekasi

Jenis dan Fungsi Besi Hollow | tokobesiterdekat.com, Besi hollow adalah bagian dari besi polos dengan penampang berbentuk lingkaran, bujur sangkar, dan persegi panjang. Besi hollow memiliki rongga di tengah.

Bahan konstruksi besi hollow adalah salah satu yang populer karena mudah dimanfaatkan. Misal besi hollow tipis dengan penampang persegi lebih cocok untuk konstruksi pembantu. Fungsi lain adalah untuk konstruksi pembantu yang biasanya cukup simpel.

Pengertian Besi Hollow

Besi hollow adalah besi baja yang berbentuk kotak (persegi maupun persegi panjang). Besi yang berbentuk persegi ini juga disebut square hollow, hollow kotak atau kotak holo.

Besi hollow yang kerap disebut Square Hollow Section (SHS) untuk yang berbentuk persegi dan Rectangular Hollow Section (RHS) ini, memiliki profil seperti pipa sehingga terlihat kokoh dan sintetis. Konstruksi yang biasa menggunakan besi hollow adalah pagar, milling, kanopi dan pintu gerbang.

Fungsi Besi Hollow

Beberapa fungsi dari besi hollow adalah:

Pembuatan plafon
Banyak orang yang menjadikan besi ini sebagai pilihan untuk membuat plafon ataupun railing. Hal ini dikarenakan jenis besi ini memiliki penampang yang sangat cocok diaplikasikan pada kedua rangka tersebut.

Pembuatan pagar
Saat ini, pembuatan pagar menggunakan kayu sudah tidak jaman lagi. Meskipun hasilnya lebih estetik, banyak orang yang sudah beralih ke besi hollow. Hal ini dikarenakan besi hollow lebih aman dan awet.

Furniture Industrial
Warna besi yang hitam keabu-abuan sangat cocok dengan konsep industrial. Dengan warna-warna tersebut akan menghasilkan kesan produk menjadi lebih elegan. Biasanya, produk ini dikombinasikan dengan besi siku agar mendapatkan produk yang memuaskan.

Jenis-jenis Besi Hollow

Beberapa jenis besi hollow yang ditemukan di pasaran dan kerap digunakan masyarakat adalah:

1. Hollow Galvanis
Jenis besi hollow Galvanis memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang populer. Dalam komposisinya, terdapat lapisan finishing yang mengandung zinc coating 97%. Selain zinc coating, jenis ini juga mengandung aluminium dan beberapa zat lainnya dalam jumlah sekitar 3% jika di total.

Biasanya besi hollow Galvanis digunakan untuk pembuatan pagar, kanopi, dan beberapa hasil bangunan lainnya. Namun, untuk mendapatkan daya tahan yang optimal sebaiknya dilapisi dengan zat coating untuk mencegah korosi.

2. Hollow Baja Ringan
Yang kedua adalah Hollow baja ringan. Baja ringan merupakan pilihan yang tepat jika kamu memiliki proyek yang membutuhkan bahan konstruksi yang ringan. Meski lebih tipis dibandingkan jenis besi hollow lainnya, besi ini masih mampu menopang beban ringan. Salah satu keunggulan besar besi ini adalah biayanya yang terjangkau.

3. Hollow Hitam
Hollow hitam memiliki ukuran panjang yang telah distandarisasi. Biasanya digunakan untuk pembuatan pagar. Besi ini terbuat dari baja hitam sehingga memiliki tekstur yang sangat tebal dan kuat untuk digunakan. Kekuatan besi ini cocok untuk proyek yang memerlukan ketahanan struktural.

4. Hollow Galvalume
Jenis besi yang berbentuk persegi atau persegi panjang yang terakhir adalah Hollow Galvalume merupakan jenis besi hollow yang memiliki komposisi khusus. Besi ini memiliki kandungan aluminium yang besar. Terdapat kandungan aluminium sekitar 55% dan unsur besi sebanyak 43,5%. Jadi hati-hati ya, karena mirip namanya, galvanis dan galvanume.

Lapisan besi ini juga memiliki silicon sebesar 1,5% untuk melindungi dari korosi. Kelebihan utamanya adalah memiliki ketebalan yang bervariasi. Sehingga memungkinkan kamu untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Demikian penjelasan tentang pengertian, jenis dan fungsi besi hollow. Semoga artikel ini bermanfaat.

Jika Anda membutuhkan besi hollow atau jenis besi lainya, Anda bisa hubungi layanan kami di 081299076453 atau kujnungi website kami di www.tokobesiterdekat.com untuk lebih detailnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo ada yg bisa kami bantu