Besi Hollow: Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Besi Hollow: Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Bagi sebagian orang, istilah hollow atau yang juga dikenal sebagai besi hollow, pipa hollow, dan pipa kotak besi, mungkin sudah familiar. Terutama bagi kalangan kontraktor bangunan biasanya sudah familiar dengan istilah-istilah ini. Namun, untuk beberapa orang mungkin masih terasa baru.

Sejatinya, semua nama ini merujuk pada satu jenis material yang sama, yaitu besi hollow. Kali ini, kita akan mengupas tuntas tentang material ini, mulai dari berbagai jenisnya, spesifikasi, hingga kegunaannya. Silahkan simak penjelasan terperinci berikut!

Apa itu Besi Hollow?

Hollow mempunyai arti ‘rongga’ dalam Bahasa Inggris. Nama besi hollow ini muncul karena karakteristiknya yang seperti pipa dengan rongga di tengah, bersifat segi empat. Termasuk dalam baja ringan, sering kita gunakan untuk membuat partisi.

Material ini sering digunakan dalam konstruksi. Fungsinya beragam, mulai dari pembuatan tiang, balok, hingga kolom. Karakter unik dengan rongga di tengahnya menjadikan material ini cukup ringan. Meski begitu, kekuatannya dalam mendukung struktur bangunan tetap terjaga. Proses pembuatannya melibatkan penggulungan plat besi yang kemudian disambung dengan las..

Besi hollow menawarkan sejumlah keuntungan. Material ini memainkan peranan penting tidak hanya dalam mendukung struktur plafon atau atap tetapi juga sangat cocok untuk pembuatan struktur kanopi, pagar, railing, dan teralis bergaya minimalis. Bahkan menjadi pilihan utama dalam pemasangan panel GRC dan gypsum.

Dengan bentuk yang khas, seperti pipa kotak, menjadi favorit para kontraktor. Mereka sering menggunakannya untuk elemen interior dan membuat furniture modern. Kecenderungan para pemilik rumah saat ini untuk mengadopsi gaya minimalis membuat material ini semakin populer.

Jenis-Jenis Besi Hollow Berdasarkan Material yang Digunakan

Berikut empat jenisnya yang penting untuk diketahui:

Warna Hitam

Besi hollow hitam mendapat julukannya dari warna hitam dominan dengan nuansa abu-abu. Plat hitam, setelah menjalani proses canai panas atau hot-rolled, menjadi bahan utama besi ini. Banyak jenis proyek mengandalkan besi hollow hitam karena ukurannya yang bervariasi dan fleksibel.

Pemanfaatan umumnya termasuk membuat pagar, mengamankan bangunan bertingkat, dan menopang kanopi. Mereka sering menggunakan material ini dalam pembuatan pagar, sistem keamanan untuk bangunan bertingkat, dan kanopi.

Kekuatan material ini dalam menghadapi korosi adalah signifikan. Tak hanya itu, industri pembuatan karoseri pun memanfaatkannya, seperti dalam pembuatan frame untuk ban truk.

Namun, jenis warna hitam ini memiliki kecenderungan mudah berkarat. Maka sangat penting untuk mengecat ulang besi ini sebelum penggunaan. Tujuannya adalah untuk memperpanjang usia pakainya dan meningkatkan ketahanan terhadap karat.

Besi Hollow Galvanis

Besi Hollow Galvanis menjadi jenis yang banyak dicari. Industri membuatnya dari baja yang telah mengalami proses galvanisasi. Ini menjadikannya sangat kuat dalam melawan korosi. Komposisinya termasuk baja yang diolah dengan canai panas dan canai dingin sebelum dilapisi bahan galvanis.

Lapisan protektifnya terutama terdiri dari 97% zinc dengan tambahan 3% aluminium dan elemen lain, yang menjadikannya sangat tahan terhadap pengaratan. Hal ini membuat galvanis menjadi favorit untuk aplikasi di bagian dalam dan luar rumah, baik di kalangan kontraktor maupun pemilik rumah. Meski begitu, masih direkomendasikan untuk menerapkan lapisan tambahan menggunakan cat tahan karat untuk pengamanan ekstra.

Besi Hollow Galvalume

Galvalume, mirip dengan galvanis, mengandung lapisan pelindung. Komposisi ini terdiri dari 55% aluminium, 43.4% zinc, dan 1.6% silikon. Dibandingkan galvanis, galvalume menyuguhkan motif kristal yang tampak lebih halus dan rapat pada lapisannya.

Kelebihan utama galvalume terletak pada durabilitasnya terhadap korosi, yang lebih unggul daripada galvanis. Namun, material ini lebih rentan terhadap kerusakan seperti goresan. Sebagai catatan, jenis galvalume kurang cocok jika bersentuhan langsung dengan semen karena bisa cepat rusak.

Besi Hollow Gypsum

Ketangguhan, bobot yang enteng, daya tahan, dan kemampuan menahan rayap menjadikan jenis gypsum jadi andalan dalam pembangunan. Banyak orang memilih material ini sebagai struktur utama untuk plafon di rumah dan gedung, menggantikan kayu.

Dalam proses pembuatan, besi ini menjalani pelapisan stainless dan zinc untuk meningkatkan ketahanannya terhadap karat. Selain itu, pembuatnya juga menambahkan warna pada besi ini dengan cat merah atau hijau. Lebar besi beragam, mulai dari 0,3 mm sampai 0,4 mm, sesuai dengan keperluan pengerjaan.

Fungsi

Besi hollow tak hanya terbatas pada beberapa penggunaan saja. Pasalnya, besi ini cukup serbaguna, mampu menjadi komponen utama untuk beragam kebutuhan, mulai dari pagar, teralis dengan desain minimalis, kanopi, dan banyak lagi.

Mari kita jelajahi berbagai penerapan material ini beserta dimensi yang sesuai untuk tiap kegunaan:

  • Besi hollow dengan diameter 40 x 40 mm sering kita gunakan dalam membuat rangka plafon.
  • Pilihan yang ideal untuk pagar yaitu dengan diameter 40 x 40 mm atau 50 x 100 mm dan ketebalan besi hollow mencapai 1.6 mm.
  • Kami menyarankan besi hollow berukuran 30 x 60 mm dan ketebalan 1.2 mm untuk railing tangga yang kuat dan kokoh.
  • Di bidang industri furniture, besi hollow dengan ukuran diameter 36 x 36 mm menjadi pilihan standar yang populer.

Kelebihan dan kekurangan Besi Hollow

Kelebihan

  • Harganya pun terbilang terjangkau dibandingkan dengan bahan lainnya.
  • Berkat bobotnya yang ringan, besi ini mudah sekali dibentuk sesuai kebutuhan.
  • Instalasi cepat, menghemat waktu pembangunan.
  • Memiliki lapisan anti-karat yang meningkatkan ketahanannya.

Kekukarangan

  • Tidak semua jenis besi hollow serupa dalam daya tahan. Penting untuk memilih yang cocok dengan kebutuhan proyek.
  • Batas maksimal panjangnya adalah 6 meter. Untuk dimensi lebih, las menjadi solusi.

Penggunaan

  • Material ini juga ideal untuk konstruksi partisi, pembuatan furnitur seperti kursi dan meja, serta kabinet.
  • Seringkali, konstruktor memilihnya sebagai kerangka utama gedung.

Kesimpulan

Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda, ya. Sedikit tips, saat hendak membeli material ini, amat penting untuk meneliti kualitas dan spesifikasinya dengan seksama. Alasannya sederhana, tiap produsen menawarkan kualitas yang berbeda-beda.

Bagi Anda yang sedang mencari Besi Hollow dengan kualitas terjamin? Tidak perlu bingung lagi! tokobesiterdekat.com menawarkan produk berkualitas tinggi dengan harga yang sangat terjangkau. Plus, nikmati gratis ongkos kirim untuk area dalam radius 20km dari toko kami.

Kunjungi langsung cabang kami yang terletak di berbagai lokasi strategis seperti Jatiwaringin, Jakarta, Jatiasih Bekasi, Bogor, Depok, Karawang, Tangerang Selatan, Cirebon, dan Surabaya. Dengan banyaknya pilihan lokasi, Anda pasti akan menemukan cabang yang paling nyaman untuk Anda datangi.

Jika Anda lebih suka belanja dari kenyamanan rumah, pesan saja via WhatsApp. Prosesnya mudah dan cepat. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan produk berkualitas dengan penawaran yang sangat menarik ini.

Kami akan mengantar bahkan satu batang pesanan ke alamat tujuan Anda tanpa syarat minimum pembelian. Hubungi 0812-990-76453 sekarang juga dan dapatkan semua kebutuhan material bangunan Anda dari kami. Anda berbelanja, kami yang antar, mudah dan cepat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo ada yg bisa kami bantu